perkembangan anak hiperaktif
Hiper aktif adalah suatu kondisi dimana anak tidak bisa diam untuk waktu lima menit sekalipun. atau mempunyai taraf aktifitas berlebihan. meski penyebab utama kondisi tersebut belum di ketahui secara pasti,apakah karena adanya gangguan pada masa kehamilan.pada saat bayi lahir atau karena kelahiran dini ,tetapi yang jelas pada anak hiperaktif ada kerusakan kecil pada fungsi sistem saraf pusatnya. akibatnya, rentang konsentrasi mereka sangat pendek denngan kendali ransang yang lemah. anak jadi tidak mampu memusatkan perhatian pada satu tugas tertentu karena perhatiannya begitu cepat beralih ke kegiatan lain.
Orang tua dan guru tetap bisa memantau kehiperaktifan anak dengan mengenali gejalanya,yaitu:
masalah di rumah:
1.gelisah tidak tenang
2.suka mengganggu percakapan orang
3.perhatianya mudah teralih
4.daya tahan terhadap frustasi sangat rendah
masalah di sekolah:
1.tugas-tugas tak pernah terselesaikan
2.tak berencana,tidak menyimak,pelupa
3.selalu gelisah,cerewet,perhatian sering terpecah
4.nilai dan prestasi di bawah kemampuan
masalah dengan orang lain:
1.emosinya mudah kacau
2.sulit menerima kekalahan dalam bermain
3.sulit berbagi dan bekerja sama
4.sukar bergaul dan berteman
penanganan:
penanggulangan kasus hiperaktivitas pada prinsipnya berbeda-beda antara anak satu dengan lainnya. tergantung tingkat gangguan yang di derita anak. bila gangguannya ringan,dapat ditangani lewat bimbingan dan penyuluhan orang tua serta pendidikan khusus guna memperbaiki perilaku anak.ada pula anak yang membutuhkan terapi psikologis.untuk mengatasi stres dan konflik-konfliknya,yang biasanya berkaitan dengan hubungan sosial.bila gangguan cukup parah,kemungkinan besar perlu ditunjang denagn pemberian obat,yang memungkianan anak cukup mampu berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan dengan cukup baik.namun, umumnya para ahli tidak
menyarankan di gunakannya obat-obatan sebagai sarana terapi tunggal. tetapi juga harus di lengkapi dengan terapi psikologis guna mengatasi masalah perilaku anak. itu sebabnya untuk menanggulangi masalah hiveraktifitas dibutuhkan penanganan yang teliti,menyeluruh dan terpadu diantara beberapa ahli.
masalah di rumah:
1.gelisah tidak tenang
2.suka mengganggu percakapan orang
3.perhatianya mudah teralih
4.daya tahan terhadap frustasi sangat rendah
masalah di sekolah:
1.tugas-tugas tak pernah terselesaikan
2.tak berencana,tidak menyimak,pelupa
3.selalu gelisah,cerewet,perhatian sering terpecah
4.nilai dan prestasi di bawah kemampuan
masalah dengan orang lain:
1.emosinya mudah kacau
2.sulit menerima kekalahan dalam bermain
3.sulit berbagi dan bekerja sama
4.sukar bergaul dan berteman
penanganan:
penanggulangan kasus hiperaktivitas pada prinsipnya berbeda-beda antara anak satu dengan lainnya. tergantung tingkat gangguan yang di derita anak. bila gangguannya ringan,dapat ditangani lewat bimbingan dan penyuluhan orang tua serta pendidikan khusus guna memperbaiki perilaku anak.ada pula anak yang membutuhkan terapi psikologis.untuk mengatasi stres dan konflik-konfliknya,yang biasanya berkaitan dengan hubungan sosial.bila gangguan cukup parah,kemungkinan besar perlu ditunjang denagn pemberian obat,yang memungkianan anak cukup mampu berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan dengan cukup baik.namun, umumnya para ahli tidak
menyarankan di gunakannya obat-obatan sebagai sarana terapi tunggal. tetapi juga harus di lengkapi dengan terapi psikologis guna mengatasi masalah perilaku anak. itu sebabnya untuk menanggulangi masalah hiveraktifitas dibutuhkan penanganan yang teliti,menyeluruh dan terpadu diantara beberapa ahli.